Ekstrakurikuler Futsal yang Digemari Anak-Anak

Foto: Adinda Balqis Yuswadi

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim beranggotakan lima orang. Olahraga ini semakin populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Secara profesional olahraga futsal memang membutuhkan keahlian teknis dan ketangkasan yang tinggi. Namun, futsal juga merupakan olahraga yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, terutama anak-anak.

Pada dasarnya, futsal untuk anak-anak adalah olahraga yang menggabungkan kesenangan, pembelajaran, dan interaksi sosial. Olahraga ini juga menjadi wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan minat mereka dalam sepak bola dan mendorong semangat kompetitif yang sehat. Selama permainan, anak-anak belajar menghormati aturan, mengontrol emosi, dan menghargai keberhasilan dan kegagalan.


Di salah satu sekolah dasar negeri di Kota Depok telah mengadakan ekstrakurikuler futsal untuk murid-muridnya. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan tiap hari Sabtu jam 1 siang hingga 3 sore di Lapangan Futsal ODC Depok. Beberapa kali mereka telah mengikuti memenangkan pertandingan skala kecil. 


Salah satu anggotanya yang bernama Bagas Andika baru saja bergabung setahun yang lalu. Dirinya mengakui bahwa memilih ekstrakurikuler ini karena sesuai dengan hobi. Dirinya sudah terbiasa bermain bola sepak dengan teman rumah lamanya, walaupun permainan tersebut tidak memiliki aturan ketat seperti pertandingan resmi. Bermodalkan sendal sebagai gawang, bola plastik yang bisa dibeli patungan di warung, serta area kosong yang tidak terlalu luas menjadi arena lapangan mereka. Permainan sederhana yang mengutamakan kesenangan pemain.


Selain mengikuti kegiatan futsal sebagai ekstrakurikuler di sekolah, Bagas juga mengikuti pelatihan futsal yang diadakan oleh karang taruna daerah tersebut. Kegiatan tersebut diadakan tiap hari minggu sekitar jam 3 hingga 6 sore di lapangan dekat rumah. Dirinya merasa terkadang capek dengan kegiatan tersebut tapi hal itu tidak membuat dirinya menyerah dan keluar begitu saja. 


Secara keseluruhan, futsal adalah olahraga yang menyenangkan, menantang, dan membutuhkan keterampilan teknis yang tinggi. Baik sebagai hobi rekreasi maupun sebagai olahraga kompetitif, futsal terus memikat para pemain dengan dinamikanya yang unik dan menghadirkan pengalaman bermain yang memuaskan.


Reporter: Adinda Balqis
Editor: Putri Nurhaliza
Admin Blogspot: Deta Sekar Tanandar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Berpakaian di Event Cosplay

Keanggunan Tak Kasat Mata dalam Musik Klasik

Sibuk Farmasi tapi Sempat Mengajar Mengaji