Hal-hal yang Harus Dilakukan Saat Kamu Bekerja Full Time
Bekerja full time atau bekerja penuh waktu adalah salah satu hal yang paling didambakan bagi semua orang yang mencari kestabilan finansial, terutama para fresh graduate, yaitu para mahasiswa yang baru saja menyelesaikan kuliahnya alias lulus kuliah.
Tidak hanya kestabilan finansial, kerja full time berarti lingkungan baru, sistem baru, serta tanggung jawab yang lebih besar pula. Hal tersebut tentu akan menjadi menakutkan bagi sebagian fresh graduate, terutama yang belum memiliki pengalaman apapun.
Tenang saja, setiap permasalahan memiliki solusinya tersendiri. Bersama Hanifah Shafaira, mahasiswi Universitas Indonesia yang bekerja full time di Neo Commerce sejak bulan Mei, mari bahas apa saja yang perlu dilakukan ketika kerja penuh waktu.
Dengarkan dan amati
Bekerja full time berarti bertemu dengan banyak orang serta harus berkomunikasi dengan tim dan atasan. Oleh karena itu, penting bagi fresh graduate untuk mengamati dan mendengarkan bagaimana cara mereka berdiskusi dan menyelesaikan tugas.
Persiapkan diri untuk terus belajar
Saat bekerja, fresh graduate perlu belajar terkait misi, target, policies, dan value dari perusahaan terkait sebab bekerja full time berarti mendedikasikan diri sepenuhnya untuk perusahaan. Maka dari itu, memiliki keinginan untuk terus belajar amat penting. Hal ini akan memudahkan pemahaman terhadap tugas yang diberikan.
Memiliki sifat keingintahuan yang tinggi
Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dengan membuat daftar pertanyaan akan membuat pekerjaan terasa ringan untuk dilakukan. Semakin banyak pengetahuan, semakin mudah pengerjaan tugas dari atasan. Selain tugas, mengenal lingkungan di kantor juga tidak akan sulit.
Daftar pertanyaan tercatat bisa seperti:
Apakah penting untuk menjaga konsistensi pada penjualan?
Bagaimana cara meningkatkan indikator penilaian kinerja kita?
Bagaimana dinamika yang ada di tim kita?
Pertanyaan bisa dicocokkan sesuai divisi dan posisi yang ada. Dengan punya banyak pertanyaan, akan ada lebih banyak waktu untuk berdiskusi dengan atasan dan tim.
Pahami tool yang digunakan untuk bekerja
Masing-masing perusahaan menggunakan tools yang berbeda-beda untuk bekerja, jadi pahami dengan baik tool yang digunakan oleh perusahaan terkait.
Untuk komunikasi, beberapa perusahaan menggunakan Gmail, Microsoft Teams, Slack, atau Zoom. Sementara untuk pengelolaan hubungan dengan pelanggan, pelajari Salesforce dan Zoho CRM, Selain itu, sebagian perusahaan memakai HourStack dan Google Calendar untuk menjadwalkan rapat atau diskusi. Jangan lupa pahami juga cara memakai Microsoft Excel dan Google Sheets untuk analisis data atau dokumentasi.
Fokus
Memfokuskan diri untuk bekerja tidak kalah penting. Perlu diingat bahwa tugas dari perusahaan berbeda dengan tugas-tugas yang biasa diterima dari perkuliahan atau sekolahan. Setiap kontribusi akan memengaruhi kinerja perusahaan, termasuk performa diri yang dapat mengubah gaji. Maka, penting sekali untuk fokus.
Demikian lima hal yang perlu dilakukan ketika bekerja full time. Hanifah juga berpesan kepada para fresh graduate untuk tidak perlu khawatir dan jangan lupa bersenang-senang di sela-sela sumpeknya bekerja.
Komentar
Posting Komentar