Langkah Tepat Merawat Gigi Berbehel

Foto: drg. Jennie Selyn

 Penggunaan kawat gigi atau behel menjadi salah satu cara untuk mengatasi kondisi gigi yang dianggap kurang rapih. Tujuan utama dari pemasangan kawat gigi sendiri adalah untuk menyeleraskan kondisi gigi yang dianggap kurang terstruktur dengan baik serta untuk memperbaiki penampilan dan mendapatkan senyum yang indah. 

Dalam penggunaan kawat gigi perlu diperhatikan juga untuk tetap menjaga kebersihannya agar gigi kamu tetap sehat dan tentunya mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk merawat gigi berkawat memang tidak seperti merawat gigi tanpa kawat. Pasalnya kamu harus menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, 

Nah, Sobat Katarasa! Bersama dengan drg. Jennie Selyn  seseorang yang ahli dibidangnya. akan  mebagikan langkah-langkah tepat untuk merawat gigi berkawat dengan benar:

  1. Selalu Merawat Oral Hygiene

Merawat oral hygiene atau merawat kebersihan mulut adalah langkah yang harus kamu perhatikan. Karena dengan menjaga kebersihan mulut dapat menghindari gangguan kesehatan baik mulut dan gigi. Hindari juga menggigit makanan yang terlalu keras. 

2. Rajin sikat gigi 

Sikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam. Gunakan sikat khusus ordonti untuk membersihkan gigi berkawat. 

3. Menggunakan Dental Floss

Karena makanan mudah sekali nyangkut di kawat gigi, jadi para pengguna kawat gigi sebaiknya selalu menyiapkan dental floss di dalam tas. Gunakan dental floss setiap habis makan untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang terselip di kawat. Penggunaan dental floss sangat efektif dalam membersihkan gigi. 

4. Hindari Makanan atau Minuman dengan Warna Pekat

Adapun hal yang harus dihindari dalam penggunaan kawat gigi yaitu hindari makanan yang terlalu keras serta kurangi minum-minuman yang berwarna pekat seperti kopi & teh. Hal tersebut akan membuat sisi warna makanan menjadi menempel di gigi dan tentunya akan  mengganggu perawatan kawat gigi kamu. Hindari juga kebiasaan menggigit hanya dengan satu sisi (kiri saja/kanan saja).

5. Rutin Kontrol Behel ke Dokter gigi

Melakukan kontrol rutin sangat penting bagi pengguna behel, karena karet behel harus diganti setiap satu bulan sekali. Kontrol gigi juga bertujuan untuk memeriksa perkembangan kondisi gigi. Lalu, segera kontrol jika ada behel yang lepas. 

6. Minum Obat Pereda Nyeri

Gigi akan mengalami nyeri ketika dokter gigi mengencangkan dan menyesuaikan kawat behel. Tekanan dari kawat akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada gigi. Untuk menghilangkan rasa nyeri kamu bisa minum analgetik atau pain piller. Dan penggunaan obat kumur atau oles gel bisa digunakann untuk mengatasi sariawan atau luka di jaringan mulut yang disebabkan karena adanya gesekan dari behel.

Nah, Sobat Katarasa! itulah beberapa tips dalam merawat kebersihan kawat gigimu. Semoga langkah-langkah diatas dapat membantu kamu selama menggunakan perawatan behel gigi. 


Reporter: Serviana Rentiurma Simamora
Editor: Putri Nurhaliza
Admin Blogspot: Deta Sekar Tanandar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Berpakaian di Event Cosplay

Keanggunan Tak Kasat Mata dalam Musik Klasik

Sibuk Farmasi tapi Sempat Mengajar Mengaji