Powders and her family

 

Foto: Zahra Aqila Yusuf


Dari beberapa survey yang sudah dilakukan juga terlihat bahwa anak-anak muda mulai antusias belajar make up karena adanya beauty privilege. Kuatnya beauty privilege juga sudah mempengaruhi dunia pendidikan yang dimana seorang murid akan lebih antusias didengar ketika ia memiliki tampang yang “enak dilihat” dan mengesampingkan ilmu yang disampaikan. Miris sekali bukan? Bukan hanya di kelas, namun juga pada organisasi mahasiswa, UKM, dan manajemen kampus yang menganggap bahwa berparas cantik adalah sebuah profesionalitas yang harus dijunjung tinggi. Semoga hal ini dapat diminimalisir lagi dalam sistem mindset pendidikan. 

Maka dari itu, seorang mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif bernama Deta mencari tahu lebih dalam dasar-dasar make up kepada mahasiswa UPN Veteran Jakarta, Zahra Aqila Yusuf. 

“Oiya Kak, Lu juga harus belajar apa itu concealer/cushion, bedak, blush on, eyeshadow, eyeliner, lip base, ombre. Pelan-pelan aja gapapa sambil nabung.” Zahra menjelaskan sembari mengenalkan tentang base bedak.

“Selama ini kita kira bedak hanya cukup bedak tabur. Namun setelah mengenal dasar-dasar make up ternyata bedak memiliki jenis-jenisnya tergantung fungsinya masing-masing.” Deta, 2023. 

Dari Sobat Katarasa sendiri bagaimana nih? Ada yang berpikiran sama juga? 

“Nih, Kak! Gua kasih post-an yang gua temuin di Instagram Nih!” Zahra, Mahasiswi UPN Veteran Jakarta yang antusias mengajari Deta yang masih pemula perihal make up. 

Dilansir dari akun @elsbeauty7, memposting tentang jenis bedak yang sesuai dengan fungsinya. 
1. Loose Powder 
Jenis bedak tabur yang sering kita gunakan. Nah, jenis bedak ini cocok untuk jenis kulit berminyak. Contoh yang pas bagi kamu adalah Barenbliss: Soul Matte Loose Powder dibandrol dengan harga Rp 80.000,00. 
2. Two Way Cake  
Agar make up di wajah kita semakin terlihat flawless. Luxcrime: Blur&Cover Two Way Cake dengan harga Rp 80.000,00.
3. Compact Powder 
Direkomendasikan untuk kulit kering dan dapat digunakan untuk touch up. Maybelline: Fit Me Matte+Poreless Compact Powder. Harga Rp 60.000,00. 
4. Powder Foundation 
Dapat digunakan untuk memudarkan tampilan noda hitam. Somethinc: DNA Airbrush Breathable Powder Foundation. Rp 100.000,00. 

“Oiya Kak, Lu juga harus belajar apa itu concealer/cushion, bedak, blush on, eyeshadow, eyeliner, lip base, ombre. Pelan-pelan aja gapapa sambil nabung.” 

Waw, banyak juga ya Sobat Katarasa! Kalau kamu sendiri sudah sampai dimana nih tingkat mahir belajar make up-nya Sobat? 

Reporter: Deta Sekar Tanandar 
Editor: Adinda Balqis Yuswadi 
Admin Blogspot: Deta Sekar Tanandar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Berpakaian di Event Cosplay

Keanggunan Tak Kasat Mata dalam Musik Klasik

Sibuk Farmasi tapi Sempat Mengajar Mengaji